Penyebab AC Mobil tiba-tiba Tidak Dingin

Kerap terjadi, AC mobil yang biasanya menyala dan terasa dingin, tiba-tiba menjadi tidak dingin sementara mesin AC tetap menyala. Simak catatan berikut ini untuk menganalisa penyebab tidak dinginnya AC mobil Anda.

Sekering Putus
Sekering putus biasanya terjadi karena terjadi korslet di gulungan magnet atau motor fan.

Motor Fan Mati
Apabila Kipas Pendingin Elektrik mati maka panas dari Kondensor tidak dapat terbuang, sehingga dapat menyebabkan tekanan di sistem akan naik (Overheat). Kondisi ini akan memicu Sensor Pressure Switch untuk memutus arus ke Magnetic Clutch agar memberhentikan kompresor, agar kompresor tetap aman dan tidak jebol.

Freon Kosong / Berkurang
Freon Pada Sistem AC, cara kerjanya hanya bersirkulasi atau berputar-putar saja sehingga jika tidak ada kebocoran maka Freon tidak akan kurang apalagi habis. Jika Freon kosong maka secara otomatis Low pressure switch akan bekerja dan memutus arus listrik menuju magnetic clutch, sehingga kompresor berhenti berputar.

Magnetic Clutch Putus
Sudah jelas jika magnetic clutch putus maka kompresor ac tidak berputar, yang berputar bersama putaran mesin hanya puli kompresor.

Kompresor macet
Kompresor AC macet biasa disebabkan karena kekurangan oli kompresor atau kompresor sudah aus. Kondisi ini biasanya disertai dengan terdengarnya bunyi kasar dari kompresor. Terkait kompresor AC mobil yang macet bisa juga disebabkan oleh bearing puli kompresor rusak.

Fanbelt Putus
Fanbelt putus membuat puli kompresor AC tidak terhubung dengan putaran mesin. Kondisi ini biasanya disertai dengan tidak bekerjanya beberapa komponen yang terhubung dengan fanbelt diantaranya alternator atau water pump.

Sumber: AUTO ROTARY BINTARO

Hobi ngumpulin tips otomotif yang penting untuk diketahui pemilik kendaraan beroda 4. Mudah-mudahan bermanfaat … ;)

Artikel ini sudah dibaca 1206 kali. Semoga bermanfaat :)

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *