Langkah Awal Setelah Membeli Mobil Bekas

Setelah beberapa hari, beberapa minggu atau beberapa bulan berburu mobil bekas idaman, apa yang akan anda lakukan setelah mendapatkannya? Berbeda dengan mobil baru, dimana anda tinggal mengendarainya dengan perasaan senang, aman dan nyaman, sebuah mobil bekas pada awalnya membutuhkan beberapa perlakuan khusus supaya anda dapat menggunakannya dengan aman dan nyaman.

Lupakan perangkat yang bersifat aksesoris dan ‘kosmetik’ semata. Yang terpenting adalah bagaimana membuat mobil anda dapat digunakan tanpa rasa was-was.


Lalu apa saja yang harus dilakukan? Secara garis besar ada beberapa kegiatan penting seperti:

Apabila ada rekam jejak (track record) perawatan yang dapat dipercaya dari mobil tersebut, segera cermati komponen apa saja yang sudah pernah dan belum diganti. Sangat menguntungkan apabila mobil telah dirawat secara berkala sebelumnya, karena anda tinggal meneruskan perawatan sesuai jadwal.

Lakukan pemeriksaan menyeluruh (general check up) pada mobil anda. Pemeriksaan ini dapat dilakukan di bengkel resmi sesuai merk mobil tersebut atau cukup lakukan di bengkel langganan kepercayaan anda. Hal ini dapat mengidentifikasi apa saja masalah yang ada dan apa saja potensi masalah yang mungkin muncul di kemudian hari. Minta bengkel kepercayaan anda memberikan daftar perbaikan yang harus dilakukan.

Apabila sejarah perawatan tidak tersedia, lakukan prosedur standar seperti mengganti timing belt beserta tensionernya, busi, semua fluida seperti pelumas mesin, pelumas penggerak, air radiator, minyak power steering dan minyak rem serta seluruh filter seperti filter oli, bahan bakar dan udara.

Periksa juga kondisi sabuk penggerak/tali kipas, sepatu rem/kanvas rem, lampu-lampu, peredam kejut, ban, komponen kaki kaki seperti bearing roda, tierod, ball joint dan link stabilizer, ganti bila sudah aus atau rusak. Catat dengan lengkap kapan dan pada kilometer berapa semua komponen tersebut anda ganti supaya memudahkan anda dalam menyusun jadwal perawatan.

Setelah mobil sehat, saatnya anda memikirkan hal penting seperti pendingin kabin (AC), lakukan servis di bengkel spesialis apabila anda merasa kinerja AC sudah tidak optimal. Saat ini berkendara akan terasa sangat tidak nyaman ketika AC tidak berfungsi sebagaimana mestinya, karena kualitas udara sudah sedemikian buruknya.

Pada tahap akhir anda dapat memilih untuk melakukan kegiatan yang dapat menambah kenyamanan juga mendongkrak penampilan seperti, memodifikasi audio, mengganti kaca film, merekondisi interior dengan bahan kulit dan mengecat atau memperbaiki beberapa bagian bodi mobil yang cacat atau telah termakan usia.

Yang perlu diingat adalah, lakukan semua hal tadi dengan skala prioritas, dilakukan secara bertahap pun tidak menjadi masalah, tetapi utamakan hal-hal yang berhubungan dengan keselamatan berkendara. Jangan ragu untuk meminta pendapat dari teman dan mekanik atau bengkel yang paham akan mobil anda.

Hobi jalan-jalan, makan-makan dan nulis tentang otomotif.

Artikel ini sudah dibaca 2595 kali. Semoga bermanfaat :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *